Senin, 19 September 2011

GOLDSTAR - ADHI KARYA MENANG TENDER RFCC PERTAMINA US$931 JUTA

Jakarta - PT Pertamina menetapkan konsorsium Goldstar Co Ltd dan PT Adhi Karya Tbk sebagai pemenang untuk proyek pembangunan Residual Fluid Catalytic Cracking (RFCC) Cilacap senilai US$931,48 juta atau sekitar Rp8,2 triliun.

Adhi Karya yang merupakan lead konsorsium ditunjuk ditunjuk oleh PT Pertamina sebagai pemenang pada 12 September 2011. Rencananya penandatanganan perjanjian pembangunan proyek tersebut akan dilaksanakan pada 27 September 2011. 

Proyek RFCC merupakan proyek kilang (refinery) Pertamina Cilacap dengan kapasitas 62.000 barel per hari menggunakan Technology Licensor UOP dan AXENS. Proyek ini dijadwalkan beroperasi dan diserahterimakan dalam waktu 39 bulan.

Sekretaris Perusahaan Adhi Karya, Kurnadi Gularso dalam siaran persnya menjelaskan rekanan perusahaan tersebut, Goldstar, adalah perusahaan EPC besar dari Korea Selatan. Goldstar memiliki keunggulan dalam pengalaman membangun EPC RFCC. Enam EPC RFCC telah dibangun Goldstar, di antaranya RFCC Ruwais UAE (United Arab Emirates).

Proyek tersebut merupakan RFCC terbesar di dunia dengan kapasitas 127.000 BPSD atau dua kali lipat kapasitas RFCC Cilacap. Adhi Karya sendiri dalam proyek EPC telah berpengalaman mengerjakan proyek Tuban Aromatic-TPPI.