Senin, 06 Agustus 2012

MEDCO ENERGI AKUISISI BLOK 9 DI YAMAN

Jakarta - PT Medco Energi Internasional Tbk (“Perseroan”), melalui anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, Medco Yemen Malik Ltd (bersama sama disebut “MedcoEnergi”), telah menandatangani Perjanjian Jual Beli (“SPA”) dengan Reliance Exploration & Production DMCC (“REPDMCC”) untuk membeli 25% hak kepemilikannya di Block 9 (Malik), Republik Yaman pada tanggal 5 Juli 2012 dengan tanggal keekonomian berlaku efektif tanggal 1 Januari 2012. MedcoEnergi dan REPDMCC saat ini sedang dalam proses penyelesaian SPA (Completion).

Setelah selesainya prasyarat dari transaksi ini (antara lain mendapatkan persetujuan dari Kementerian Minyak dan Mineral Yaman), MedcoEnergi secara efektif akan memiliki 21,25% hak kepemilikan (setelah memperhitungkan pembagian yang dilakukan secara proporsional dari kepemilikan di Yemen Oil and Gas Company (“YOGC”)).  Dengan demikian, struktur kepemilikan di dalam Block 9 Production Sharing Agreement adalah sebagai berikut:

·         Calvalley Petroleum (Cyprus) Ltd            : 42,50% (Operator)
·         Medco Yemen Malik Ltd                            : 21,25%
·         Hood Oil Limited                                         : 21,25%
·         YOGC                                                            : 15,00%


Block 9 merupakan blok eksplorasi dan produksi yang terletak di propinsi Hadramaut, Republik Yaman, sekitar 350 kilometer sebelah timur-laut dari ibukota Yaman, Sana'a. Blok yang berada di Sayun-Masila Basin ini memiliki luas sebesar 2.234 kilometer persegi yang sebagian daerahnya telah dilakukan eksplorasi. Pada tanggal 25 Agustus 2005, Pemerintah Yaman telah memberikan lisensi pembangunan blok ini selama 20 tahun. Lisensi ini juga menyatakan bahwa para pemegang hak kepemilikan blok ini (kontraktor) memiliki hak untuk menegosiasikan perpanjangannya dengan masa 5 tahun setelah tahun 2025.

Taksiran cadangan kotor 2P di Block 9 adalah sekitar 58,6 MMBO (per 1 Januari 2012) dan diperkirakan untuk berproduksi sampai dengan sekitar 14.5 MBOPD.  Penemuan-penemuan di Block 9 termasuk diantaranya empat buah lapangan minyak.

Lukman Mahfoedz, Direktur Utama MedcoEnergi, menyatakan, “Akuisisi ini sesuai dengan strategi Perseroan untuk memperkuat portofolio aset-aset produksi. Setelah melakukan akuisisi dua blok eksplorasi di 2009, akuisisi ini menggambarkan langkah yang lebih besar lagi bagi Perseroan di negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara secara umum, dan khususnya di Yaman.”  Lukman juga berkomentar, “Kami telah bertemu dengan Pemerintah Yaman dan mereka memberikan dukungan terhadap keberadaan kami di negara tersebut.” (*)