Kamis, 15 September 2011

TOTAL AKUISISI SAHAM TALISMAN DI LAUT DALAM


Jakarta – Total SA, mengambilalih saham milik Talisman Energy di blok eksplorasi Sageri, blok South Sageri dan blok Sadang yang merupakan pengembangan di laut dalam, Selat Makassar dengan kedalaman air mencapai 400 sampai 2.000 meter.

Dengan pengambilalihan saham tersebut maka Total SA saat ini memiliki 50% participating interest di blok Sageri dimana sisanya dimiliki oleh Talisman. Kemudian Total SA juga akan memiliki 35% participating interest di blok South Sageri dimana sisanya dimiliki oleh Talisman 35% dan PTTEP 30%. Serta Total SA akan memiliki 20% saham di blok Sadang dimana sisanya dimiliki Talisman 40% dan PTTEP 40%.

Ketiga blok tersebut mencakup kawasan seluas 10.693 km2 dengan  komitmen kerja selama masa eksplorasi meliputi akusisi seismik 2D dan 3D serta pengeboran 2(dua) sumur eksplorasi.  Pengeboran sumur eksplorasi pertama direncanakanakan untuk dilakukan  di KKS Sageri sebelum akhir tahun 2011.
“Dengan akuisisi ini, Total menjalankan strateginya untuk terus memperluas wilayah eksplorasi baru, yaitu di laut dalam, dan akan terus berinvestasi di Indonesia sejalan dengan upaya Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan potensi cadangan hidrokarbon di Indonesia”, ucap Jean Marie Guillermou, Senior Wakil Presiden Asia Pasific, Eksplorasi dan Produksi, Total S.A dalam siaran persnya hari ini.

“Kami akan berkontribusi di Selat Makasar ini dengan modal pengalaman laut dalam kami.  Dan apabila ada penemuan, maka potensi sinergi dengan operasi kami yang telah ada di kawasan tersebut dapat dimanfaatkan untuk pengembangan dan akses ke pasarnya.” katanya.