Rabu, 02 November 2011

BPMIGAS AMANKAN PASOKAN GAS UNTUK PLN

Jakarta - Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak (BPMIGAS) telah berhasil mengamankan pasokan gas untuk PT Perusahaan Listrik Negara pada tahun depan. Hal tersebut dapat mendorong BUMN kelistrikan tersebut mampu berhemat karena dapat mengurangi pemakaian bahan bakar BBM untuk pembangkitnya.

BPMIGAS mengalokasikan gas sebanyak 1.300 juta kaki kubik per hari kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) untuk tahun 2012, bahkan ada opsi tambahan lagi sebanyak 40 juta kaki kubik per hari. Angka tersebut lebih tinggi dari angka kebutuhan gas PT PLN sebesar 1.090 juta kaki kubik per hari tahun depan. Alokasi yang lebih tinggi dari kebutuhan tersebut ditetapkan agar perusahaan yang bertanggug jawab terhadap pasokan listrik di Nusantara ini mampu beroperasi dengan lebih aman dan lebih efisien.

Beberapa kontrak gas tahun depan antara lain LNG dari Bontang 200 mmscfd, blok Kangean 130  mmscfd, blok Wortel 50 mmsfcd, blok Oyong 40 mmscfd, swap Jambi Merang dan Premier sebesar 105 mmscfd. Pasokan dari Sengkang 15 mmscfd, blok Gelam 4 mmscfd dan Nunukan 5-10 mmscfd.

Dari jumlah pasokan tambahan tesebut, diperkirakan PLN mampu melakukan penghematan sebesar US$20.000 per hari