Sabtu, 07 April 2012

PERTAMINA INCAR 8 BLOK MIGAS DI LUAR NEGERI

Jakarta - PT Pertamina Hulu Energi menargetkan akuisisi delapan blok minyak yang berada di luar negeri khususnya di kawasan Asia untuk menambah jumlah produksi dan cadangan migas.
  
Presiden Direktur PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Salis Aprilian menyatakan beberapa blok yang diincar perusahaan berada di wilayah Timur Tengah, Thailand, Malaysia, dan Vietnam.Akuisisi blok-blok tersebut diperlukan untuk mendongkrak produksi PHE yang saat ini masih berada di angka rata-rata 62 ribu barrel per hari hingga 90-an ribu barel per hari.  

PHE kini memiliki sekitar 8 blok di tujuh negara, yakni Malaysia, Vietnam, Australia, Qatax; Sudan, Irak, dan Libya. Dari delapan blok tersebut, hanya blok yang berada di Malaysia,Vietnam, dan Australia yang memasuki tahap produksi.

Blok-blok yang berada di kawasan Timur Tengah masih dalam tahap eksplorasi. Blok terse-but adalah Blok 3 di Qatar, Blok 13 di Sudan, BIok 13W]) di Irak, serta Blok 17-3 dan Blok 123-3 di Libya. Eksplorasi di Libya dan Irak te-ngah dihentikan untuk sementara akibat kondisi keamanan yang belum memungkinkan.

Sementara blok di Malaysia dan Australia sudah memasuki fase produksi, namun hasilnya tak signifikan.