Rabu, 15 Agustus 2012

PLN SEWA PLTU 2X30MW DI BABEL

Jakarta - Untuk meningkatkan kapasitas pasokan listrik di kepulauan Bangka-Belitung, PT PLN (Persero) akan menyewa PLTU Air 2x30 Megawatt yang terletak Desa Air Anyer, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Propinsi Bangka Belitung.
Rencananya, PLTU Sewa ini akan dibangun oleh Konsorsium PT. Capital Turbines Indonesia dan PT Odira Energy Persada. Pada Rabu (15/8) di PLN Kantor Pusat, Direktur Utama PLN Nur Pamudji bersama Direktur Utama PT. Capital Turbines Indonesia Djani Sutedja menandatangani perjanjian kerjasama kontrak PLTU Sewa Air Anyer 2x30 MW.
Nantinya PLTU Sewa Air Anyer  ini akan menyuplai energi listrik ke Sistem Bangka Belitung sebesar ± 350,4 GWh per tahun dan PLN akan menyewa PLTU ini selama 9 tahun dengan nilai kontrak sewa sebesar 5.5550 Cent USD/kWh.
Melalui Jaminan Pelaksanaan dari PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung sebesar USD 973.236, proyek ini dijadwalkan COD (Commercial Operation Date) untuk unit 1 adalah 24 bulan setelah dimulainya pelaksanaan pembangunan konstruksi dan untuk unit 2 sekitar 26 bulan. Adapun Jangka waktu pembangunan PLTU  Sewa Air Anyer 2 x 30 MW untuk pelaksanaan kontruksi adalah selama 2 tahun
Menurut Dirut PLN Nur Pamudji, pihaknya sangat membutuhkan pembangunan PLTU secepat mungkin. "Saya harapkan, PLTU ini bisa dibangun dengan cepat, mengingat pertumbuhan listrik yang semakin cepat pula. Saat ini pertumbuhan listrik mencapai 9,2%. Agar suplai listrik bisa cepat, diperlukan cara baru pelelangan pengadaan pembangkit. Kan, kita tahu berapa kebutuhan PLTU yang akan dibangun dalam lima tahun mendatang. Kenapa tidak lelangnya disekaliguskan misalnya satu kali lelang untuk 30 PLTU yang skala kecil," kata Nur.
Sementara itu, Dirut PT. Capital Turbines Indonesia, Djani Sutedja, sebagai perwakilan konsorsium yang membangun PLTU Air Anyer ini bertekad akan melaksanakan pembangunan sesegera mungkin. "Kami upayakan pembangunannya dapat dilakukan secepat mungkin dengan kualitas terbaik. Karena kami pun mempunyai pengalaman dalam pengembangan listrik di Pulau Bintan. Terimakasih atas kepercayaan PLN kepada kami," ucapnya. (*)